Motor Roda 3 untuk Pemadam Kebakaran

Motor Pemadam Kebakaran Roda 3 didesain sebagai unit kendaraan taktis pasukan damkar untuk menanggapi keadaan darurat dalam penanganan api di area kebakaran yang susah dicapai oleh unit fire truck dikarenakan jalan masuk yang relatif kecil dan tidak cukup lebar untuk dilewati kendaraan kebakaran berukuran besar.

motor pemadam kebakaran roda 3

Spesifikasi Sepeda Motor Pemadam Kebakaran

Motor pemadam kebakaran roda 3 ini menggunakan chassis berbasis sepeda motor viar yang digerakkan mesin 4 tak 229 CC, dengan pendingin water cooler radiator system.

Basis sepeda motor viar ini memiliki daya 11.5 kW pada 7000 RPM dengan torsi maksimum 17 NM pada putaran 5500 RPM.

Sistem Modul

Sepeda motor pemadam kebakaran roda 3 mempunyai unit non chasis yang diproduksi menggunakan sistem modul, dengan membagi 3 modul yang terdiri dari:

    • Kompartemen Depan, untuk penempatan peralatan damkar;
    • Kompartemen Tengah, untuk penempatan tangki air;
    • Kompartemen Belakang dari sepeda motor damkar roda 3 ini digunakan untuk menempatkan dan pemasangan pompa penggerak.

Pengecatan

Body dan chassis dari sepeda motor pemadam kebakaran ini keseluruhannya dicat dengan painting system yang dapat menahan korosi dengan baik, diproses melalui tiga tahap: tahap pertama pelapisan dengan epoxy primer, tahan kedua memberi lapisan dasar dan tahap terakhir atau finishing menggunakan polyurethane. Cat yang dipergunakan memiliki warna standar merah RAL – 3000.

Pemompaan

Sepeda motor pemadam kebakaran roda 3 memiliki unit pompa utama, berupa pompa kebakaran portable, yang berpenggerak mesin Kohler 14HP 4-tak.

Sistem penyalaan pompa memakai sistem starter elektrik dan manual rekoil starter, dengan kapasitas maksimum mengalirkan air hingga 1080 liter/menit dan ketinggian hisap maksimum mencapai 9 meter.

Sistem priming dengan teknologi Rotary vane Vacuum system dimana proses penghisapan berlangsung secara otomatis, tidak perlu dipancing air.

Tangki Air

Sepeda motor pemadam api roda 3 ini memiliki kelengkapanunit tangki air permanen yang mampu menampung air sebanyak 200 Liter. Tangki dibuat dari plat baja yang memiliki ketebalan 3mm dan diberi lapisan anti korosi tipe hot-dip galvanized bersertifikat.

Kelengkapan Fire Hose

Sepeda motor Viar pemadam kebakaran roda 3 ini memiliki kelengkapan selang pemadam tipe polyester jaket ganda, dengan dua warna kuning dan dua warna putih yang memanjang, menggunakan material high tensile strength Silk-Polyester yarn 100%, twisted warp thread 3-ply. Memiliki strip rescue berwarna orange yang terdapat sepanjang fire hose.

Memiliki komponen Inner Lining EPDM (Ethylene Propylene Diene Monomer) yang kuat terhadap ozone, dapat dilalui air panas maupun air dingin.

Fire hose dilengkapi lining yang tebal (± 0.8mm) dan dibuat dengan proses yang mengacu pada semua standar NFPA-1961.

Kelengkapan Fire Nozzle

Sepeda motor pemadam api roda 3 ini juga memiliki kelengkapan pistol grip tipe selectable nozzle pemadam (NFPA 1964 Compliant). Pancaran air berkisar 115 – 550 lpm (30 – 150 gpm).

Dengan performa tekanan kerja operasional: 50 – 245 PSI (3.5 -17 bar)

Kelengkapan Tambahan

Jaya Utama Proteksindo supported by Carcentro menawarkan sepeda motor pemadam kebakaran roda 3 untuk digunakan dalam pemadaman api, dengan standar kelengkapan, berupa:

    • 1 (satu) set portable fire pump 14hp KOHLER engine;
    • 4 (empat) length 1.5-in selang pemadam sepanjang 20m, bertekanan kerja 25 bar;
    • 1 (satu) set 1.5-inch pistol grip nozzle Nozzpro;
    • 3 (tiga) buah firefighter helmet OFI;
    • 3 (tiga) pasang Coolleed firefighter gloves;
    • 2 (dua) buah 1.2×2 Mtr Fire Blanket;
    • 1 (satu) buah tabung 6 kg ABC dry powder fire extinguisher;
    • 1 (satu) unit Portable Fire Light LED Tripod 1T-10000;
    • 1 (satu) rol selang hisap spiral baja PVC 2.5”x6M c/w coupling;
    • 1 (satu) box First Aid Kit;
    • 2 (dua) pcs Kunci Selang Hisap;
    • 1 (satu) unit tangki air portable lipat 5000 Liter, tipe ONION (Frameless).

Harga motor pemadam kebakaran roda 3 ini bersifat “negotiable”, yang ditentukan pada kelengkapan paket yang diambil oleh customer.